Ampuh 10 Cara Merawat Burung Agar Rajin Berkicau

5 min read

Cara Merawat Burung

SuaraKicau.net – Cara Merawat Burung Agar Rajin Berkicau – Seperti yang kita ketahui bersama, mempunyai burung yang suka berbunyi memang sangat di idam-idamkan, apalagi jika suaranya sangat merdu. Sebagai pemilik burung akan selalu meluangkan waktunya untuk lebih memahami burung tersebut.

Dalam mempertahankan burung agar tetap berbunyi, perlu 4 faktor yang sangat diperhatikan. Yang pertama karakteristik dari burung tersebut, kedua bagaimana cara merawatnya, ketiga apakah makanannya terjaga dan minumannya, keempat lingkungan yang mendukung.

Sebenarnya dalam perawatan burung supaya terus rajin berkicau, ada beberapa cara yang garus di lakukan pemiliknya. Seperti yang saya katakan diatas, beberapa faktor itulah yang perlu diperhatikan. Sobat kicau pasti sudah mengetahui, apabila burung rajin berkicau maka sudah pasti harga burung tersebut juga akan naik. Itulah kenapa alasannya merawat burung sangat penting untuk dilakukan.

Beberapa hal yang perlu anda lakukan yaitu kesabaran dalam merawat, konsistensi dan mengerti benar dengan karakter burung yang dimiliki. Jika kita kurang mengerti akan karakter burung yang dimiliki, maka dalam hal perawatan bisa jadi salah. Karena setiap burung cara perawatan dan penangannanya bisa berbeda jika melihat karakter yang bervariasi.

Cara Merawat Burung Yang Baik Dan Benar
Cara Merawat Burung Yang Baik Dan Benar

Terbukti Ampuh Cara Merawat Burung Supaya Rajin Berbunyi

Bagi sobat pemula, ada baiknya menyimak beberapa penjelasan yang akan saya sampaikan dibawah ini. Saya akan mengupasnya secara mendetail dan lengkap, Jadi simak baik-baik dan jangan sampai terlewatkan.

1. Pengembunan

Langkah pertama dalam perawatan burung yang sangat perlu diperhatikan yaitu pengembunan. Waktu yang tepat untuk pengembunan adalah sekitar jam 5 pagi seperti contoh cara memelihara burung lovebird yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Penempatan pengembunan bisa sobat taruh di bawah pepohonan yang rindang. Pada pagi hari burung sangat butuh dengan udara segar, dengan begitu burung akan semakin kuat pernapasannya.

Salah satu alasan kenapa harus pengembunan dipagi hari..? Karena pada saat pagi hari, burung akan merasakan sejuknya embun pagi dan merasakan seperti habitat aslinya. Dengan begitu burung yang anda miliki akan merasa nyaman dan pastinya akan rajin berkicau.

2. Penjemuran

Langkah kedua ini juga tidak kalah pentingnya dengan langkah pertama. Setelah pengembunan sebaiknya tunggu sampai matahari terbit, sekitar jam 7 pagi untuk penjemuran. Setelah merasakan kesejukan udara dipagi hari, burung juga perlu mendapatkan sinar matahari yang hangat.

Tidak seperti cara merawat burung dara yang hanya di umbar saja, sebab burung dara karakternya berbeda dengan burung berkicau. Pentingnya penjemuran ini karena sinar matahari pagi mempunyai Vitamin D yang sangat alami. Selain itu juga sinar matahari pagi juga dapat menghilangkan jamur serta kuman yang terdapat dalam tubuh burung.

3. Kebersihan Kandang

Salah satu kunci sukses dalam perawatan burung supaya mudah berbunyi yaitu dengan memperhatikan kandang. Dengan kebersihan kandang ini burung akan merasa nyaman dan sehat. Seperti pada habitat aslinya burung sangat suka dengan tempat yang bersih, dapat sobat lihat pada sangkar burung di hutan atau dikebun.

Kebersihan tempat tinggal burung ini sangat perlu diperhatikan, jika kandang tidak steril dan bersih maka burung akan mudah terkena penyakit dan stress. Jika burung stress maka burung akan sulit untuk makan, makan saja sulit apalagi untuk mengeluarkan suara kicau ya kan..?.

4. Angkat Tempat Pakan

Waktu yang tepat untuk cabut Veor yaitu pada malam hari sebelum tidur. Kenapa harus seperti itu…? karena pada saat burung tidur tidak terganggu dengan bau pakan yang sudah sisa siang tadi. Pada saat burung dipagi hari bangun pertama kali yang perlu diberikan bukanlah pakan buatan, melainkan pakan hewani atau buah-buahan alami.

Dengan cara ini banyak yang membuktikan bahwa burung akan merasa seperti dihabitat aslinya, namun harus runtut ya perlakuannya dari mulai nomer 1 sampai terakhir. Memberikan pakan hewani atau protein di pagi hari sangat dipercaya dapat menumbuhkan mental dan juga membangun karakter burung yang baik.

Mengangkat pakan dimalam hari juga sangat evektif untuk membuat burung menjadi lebih jinak. Dapat mencegah kegemukan, sehingga burung akan malas berbunyi. Lakukan angkat Voer ini pada jam 7 malam dan lampu tetap menyala, Alasannya untuk mencegah burung selalu berkicau di tempat gelap dan sepi.

5. Melatih Dengan Cermin

Seperti cara merawat burung kacer pada umumnya, cara melatih burung yang baik dan tidak terlalu beresiko maka gunakan kaca. Dengan cara ini burung akan melihat bayangannya, setelah itu burung akan merasa tersaingi dan akan membuat burung tersebut terus berbunyi.

Pelatihan mental ini sangat penting sekali dilakukan. Cara ini tidak semata-mata agar bunyi burung berkicau indah, disini tujuan utamanya agar burung tidak minder saat ada lawan dihadapannya. Caranya silahkan gantung cermin pada bagian dalam sangkar, akan tetapi lihat burung tersebut akan marah atau stress. Lakukan secara berkala jangan sampai membuat burung menjadi stress.

6. Mendekatkan Dengan Burung Sejenis

Hal ini dapat dilakukan untuk membuat mental burung menjadi lebih bagus. Namun perlu di ingat, untuk pendekatan burung lain ini harus satu jenis, baik dari segi usia, penampilan dan juga gacorannya. Istilah Mentrek ini sering disebutkan oleh banyak kalangan pecinta burung, karena dengan cara ini banyak yang berhasil membuat burung menjadi super aktif dan mempunyai mental tarung yang bagus.

Akan tetapi jangan sampai salah dalam melakukan tips ini, kadang malah akan membuat siburung menjadi stress. Stress yang dirasakan karena melihat dan mendengar burung lain lebih bagus darinya.

Hasilnya burung akan mandek atau macet bunyi, dikarenakan ketakutan dan bahayanya lagi burung dapat berontak dengan terbang menabrak sangkar. Maka dari itu lakukan dengan hati-hati.

7. Meletakkan Sangkar Dikeramaian

Cara agar burung dapat terus mengeluarkan bunyi gacor salah satunya yaitu dengan meletakkan sangkar di tempat keramaian. Hal ini dapat membuat burung semakin terbiasa dengan keramaian. Seperti yang kita ketahui ada beberapa burung yang memang tidak suka dengan keramaian, maka dari itu kita musti melatihnya.

Dengan demikian burung akan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang ramai, dan mencegah burung mudah stress. Caranya letakkan sangkar pada tempat yang sering dilalui orang atau teras. Tambahkan beberapa sangkar burung sejenis didekatnya, supaya burung tidak merasa sendirian dan lebih nyaman.

Seperti yang sudah kita sering tau, sangkar burung yang sering di tempatkan di tempat sunyi, maka pada saat keluar ruangan burung akan gampang Gragapan alias kagetan. Cara ini harus dilakukan dengan teliti dan konsisten, contohnya bawa burung di gantangan, main ketempat teman yang memiliki hobi yang sama.

8. Mastering Dengan Suara Rekaman

Untuk Cara Merawat Burung Agar Rajin Berkicau dan mudah gacor, langkah selanjutnya yaitu dengan cara mastering. Cara ini harus dilakukan pada tiap-tiap burung yang dimiliki, Memang tidak hanya menggunakan rekaman burung lainnya saja. Akan tetapi hal ini sudah biasa dilakukan, karena disamping biayanya murah, kita dapat memilih suara yang pas untuk burung yang kita miliki.

Pilihlah rekaman suara burung yang sudah pernah menang lomba. Untuk permulaan gunakan suara jangkrik dengan durasi yang tidak terlalu panjang sekitar 5 menitan. Lakukan 5 menit bunyi dan 5 menit diam, agar burung dapat dengan mudah mencerna atau meniru suara tersebut.

Lakukan pemasteran ini tiga kali sehari, terserah sobat mau pagi siang malam. Namun menurut pengalaman para pengicau, melakukan pemasteran ini pada pagi hari setelah memandikan dan memberikan pakan. Siang hari dan sore hari.

Setelah sudah satu minggu dan dilihat burung sudah mulai aktif, durasi untuk mastering murai batu dapat ditambahkan. Tambahkan pula suara lainnya yang memang sudah sobat pilih sesuai dengan karakteristik burung yang dimiliki.

9. Melatih Secara Teratur

Melakukan latihan dengan konsisten dan teratur, pasti akan membuahkan hasil sesuai yang di inginkan. Namun sobat harus mengerti apa saja perawatan burung tersebut agar selalu fit. Seperti contoh cara memelihara burung murai batu, yang sudah saya tulis pada artikel lainnya.

Penempatan burung ditempat ramai harus dilakukan secara bertahap, jangan langsung ditempat ramai, Lakukan dengan perlahan. Burung sering merasa gugup pada saat terlalu ramai, maka dari itu latihan mental sangat diperlukan. Latihlah dikit demi sedikit mentalnya.

10. Memberikan Pakan Dan Jamu

Memberikan pakan yang baik dan penuh dengan nutrisi sudah diyakini akan membuat burung semakin semangat untuk berbunyi. Kesehatan harus sangat dijaga dengan menambahkan pakan yang berkualitas. Berikan fitamin secukupnya, pakan hewani dan juga biji-bijian untuk burung pemakan biji. Seperti cara merawat burung kenari.

Dan yang terakhir jamu, jamu ini sudah sangat sering digunakan. Jamunya menggunakan ramuan Jahe dan madu, dengan menggunakan kedua bahan ini burung akan semakin kuat dalam berbunyi dan berkicau. berikan dengan takaran secukupnya, biasanya setengah sendok madu dan satu iris Jahe.

Madu dan jahe ini dipercaya dapat menambah kualitas suara, selain itu ramuan jahe juga dapat meringankan gangguan infeksi pada tenggorokan. Sering kita temui burung yang macet bunyinya, kadang permasalahan inilah yang membuat burung enggan bunyi yaitu terkena infeksi tenggorokan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui semua yang dibutuhkan tentang Cara Merawat Burung Agar Rajin Berkicau saatnya praktek dilapangan. Silahkan lakukan dengan urut satu demi satu agar burung cepat berbunyi dengan suara indahnya. Tips ini sebenarnya sudah banyak yang membahas, namun saya juga ingin berbagi kepada sobat kicau nusantara. Semoga apa yang dapat saya sampaikan ini dapat menambah wawasan serta pengalaman dan juga ilmu yang bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa dan selamat mencoba.

(Visited 32 times, 1 visits today)

2 Replies to “Ampuh 10 Cara Merawat Burung Agar Rajin Berkicau”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *