Cara Merawat Burung Cucak Ijo Biar Gacor Terus

5 min read

Rawat Cucak Ijo

Cara Merawat Burung Cucak Ijo – Hai sobat Burung Kicauan asal kalian tahu ya salah satu burung yang banyak mendapat perhatian khusus dari para pecinta burung kicau adalah burung cica daun atau yang lebih familiar dengan nama cucak ijo. Terkait keluarnya perundang-ungan tentang jenis burung yang di lindungi di Indonesia. Hal tersebut tidak bisa lepas dari banyaknya para pecinta burung yang merawat cucak cia daun di rumah baik untuk rumahan atau pun untuk lomba.

Terlepas dari hal itu, banyak sekali penghobi Cucak Ijo yang pusing dengan tingkah lakunya yang ada di rumah. Kebanyakan mereka selalu mencari Cara Merawat Cucak Ijo yang tidak mau gacor dengan maksimal ketika berada di luaran atau ketika sedang di perlombakan.

Sering sekali Cucak Ijo tampilnya kurang maksimal meskipun sudah di rawat dengan baik secara rutin tiap harinya. Terkadang cucak ijo hanya mengembangkan bulunya saja tetapi tidak mau berkicau dengan nyaring dan lantang. Tentu saja hal seperti ini akan membuat pemiliknya jadi down loh ya, mentalnya bahkan banyak yang langsung ingin menjualnya tanpa di cari dulu penyebabnya.

Rawat Cucak Ijo
Perawatan Burung Cucak Ijo Agar Cepat Gacor

Cara Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Terus

Burung Cucak ijo termasuk salah satu jenis burung yang paling banyak di pelihara kicaumania di Indonesia. Salah satu faktornya antara lain kemampuannya dalam berkicau. Burung ini mempunyai suara kicauan yang bervariasi, serta pandai meniru beragam suara kicauan lainnya.

Sebagai salah satu jenis burung yang popular baik sebagai kelangenan maupun burung lomba, cucak ijo juga sangat di minati para pemula. Namun dalam praktiknya, tidak sedikit pemula mengaku kesulitan dalam merawat cucak ijo sampai rajin bunyi alias gacor, terutama karena karakternya yang sangat mudah berubah.

Berikut ini ada beberapa tips merawat burung cucak ijo yang bisa di terapkan para pemula agar jagoannya bertambah aktif dan rajin bunyi.

Namun yang sering menjadi masalah dalam merawat cucak ijo ialah tidak mau gacor. Lalu apa sih sebenarnya yang menjadikan cucak ijo tidak mau gacor? Terdapat banyak hal yang menjadikan cucak ijo tak mau gacor, di antaranya yaitu :

  • Burung cucak ijo sedang sakit sehingga badannya menjadi lemas untuk gacor
  • Burung cucak ijo sedang stres karena sangkarnya jatuh, atau ada burung lain yang lebih gacor
  • Dan burung cucak ijo sedang memasuki masa mabung

Hal-hal demikian mamang dapat membuat cucak ijo tidak mau gacor. Lalu bagaimana cara membuat cucak ijo gacor? Berikut ini penjelasannya :

Menempatkan cucak ijo di tempat tenang

Ketenangan akan sangat mempengaruhi kegacoran dari cucak ijo ya gays, sehingga pastikan kamu meletakkan cucak ijo pada tempat yang tenang. Bahkan salah satu mengapa cucak ijo tidak mau gacor, juga karena kebisingan area penempatan cucak ijo.

Menambahkan vitamin

Vitamin untuk cucak ijo biar gacor juga harus sangat di perhatikan. Karena jika kekurangan vitamin maka cucak ijo akan lemas dan tidak mau gacor. Kamu bisa membeli vitamin khusus untuk cucak ijo agar bisa gacor  di berbagai toko khusus burung.

Memandikan cucak ijo setiap pagi

Perawatan cucak ijo agar bisa gacor lainnya yang perlu kamu lakukan yaitu dengan rajin memandikan cucak ijo, maka kamu akan menjaga kebersihannya. Dengan demikian maka kesehatannya akan terjaga, sehingga cucak ijo akan terbebas dari segala penyakit  yang menyerang.

Membersihkan sangkar secara rutin

Kebersihan merupakan salah satu tips perawatan cucak ijo agar bisa gacor. Mengapa demikian ? karena jika sangkar cucak ijo bersih, maka akan memberikan kenyamanan pada burung. Pembersihan sangkar ini juga harus dilakukan setiap pagi hari, ketika cucak ijo sedang di mandikan.

Menjemur cucak ijo

Penjemuran cucak ijo memang sangat di perlukan sebagai terapi cucak ijo agar bisa gacor. Karena hal ini bertujuan agar badan cucak ijo terasa panas, sehingga menghindari stres pada burung.

Jika cuaca sedang panas, maka kamu bisa menjemur sekitar 1 jam, yaitu sekitar jam 8.00 sampai jam 11.00. Namun setelah di jemur, jangan langsung di masukan ke rumah, tetapi di angin-anginkan terlebih dahulu di teras rumah ya gays.

Memberikan makan secara rutin

Cara menggacorkan cucak ijo yang tidak kalah penting untuk di perhatikan yaitu dengan rajin memberikan makanan yang sehat. Karena makanan tentunya juga mempengaruhi perkembangan cucak ijo. Makanan cucak ijo agar gacor yaitu makan makanan yang mengandung vitamin tinggi, seperti bauah segar.

Baca Juga : Makanan Burung Kicauan

Memberikan EF atau extra fooding

Cara cucak ijo mini agar gacor yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memberikan extra fooding seperti dengan memberikan jangkrik pada siang dan sore hari. Setidaknya berikan 2 sampai 3 ekor jangkrik di pagi dan sore.

Pemasteran suara

Pemasteran suara merupakan terapi cucak ijo agar cepat gacor yang perlu di lakukan. Misalnya dengan burung masteran secara langsung yaitu dengan burung cucak jenggot, burung love bird, kenari, ciblek atau lainnya.

Cara Merawat Cucak Ijo Menjelang Lomba

Ketika menjelang lomba sebaiknya kamu amati apakah burung Cucak Ijo kamu sedang dalam kondisi sehat, tidak ada bulu yang jatuh atau mabung dan serta keadaan birahinya stabil. Ketiga faktor itulah yang akan mempengaruhi kinerja burung Cucak Ijo saat di gantangakan.

Nah berikut ini ialah proses merawat Cucak Ijo menjelang pelombaan agar bisa juara dan tampil maksimal di arena gantangan atau perlombaan.

  • Ketika sudah menginjak H-3 atau 3 hari menjelang perlombaan, Cucak Ijo di wajibkan tidak boleh di pertemukan dengan sejenisnya. Manfaat tidak mempertemukan Cucak Ijo satu dengan lainnya yaitu untuk menyimpan stamina dan tenaganya. Hal tersebut berupaya agar burung mau kerja maksimal, dan tidak gembos serta loyo saat perlombaan.
  • Mandikan Cucak Ijo secara rutin di pagi hari, setelah itu bisa kamu jemur maksimal 30 menit saja.
  • Kami sarankan untuk memberi pakan Cucak Ijo yang berupa buah pepaya ketika H-3 sampai H-2.
  • Ketika H-3 sampai H-2 berikan porsi ekstra fooding (EF) berupa 7 ekor ulat hongkong dan 5 ekor jangkrik pada pagi serta sore hari. Tambahkan juga kroto jika kamu perlu.
  • Ketika sudah H-1 ubahlah pakan buah Cucak Ijo dari pepaya menjadi buah pisang.
  • Naikkan jumlah porsi EF ketika sudah H-1.
  • Ketika 1 jam sebelum di gantangkan burung Cucak Ijo lebih bagus angin-anginkan sebentar, cukup 10–20 menit saja. Hal ini berupaya agar Cucak Ijo dapat beradaptasi di lingkungan atau area perlombaan.
  • Jika ingin mau naik gatangan, kami sarankan untuk memberi EF berupa 1 ekor jangkrik lagi.
  • Sebelum naik ke gantangan, upayakan sangkar dalam keadaan kondisi bersih. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu kinerja burung.
  • Yang paling penting yaitu kamu harus mengamati gerak gerik serta kinera Cucak Ijo sebelum di gantangankan dan saat di gantangkan. Saat itu kamu dapat melihat apakah burung Cucak Ijo mau kerja maksimal atau tidak. Ciri-ciri Cucak ijo kerja maksimal yaitu mau bongkar isian serta bergaya ngentrok jambul.
  • Jika burung mau kerja maksimal di arena perlombaan, maka setingan Cucak Ijo menjelang lomba tersebut wajib kamu gunakan atau terapkan.
  • Namun jika burung tidak mau kerja maksimal, maka amati karakter burung serta ubahlah setingan.
  • Sebenarnya tangan pemegang Cucak ijo serta rejeki tersebut juga sanagat mempengaruhi kinerja maksimal.

Baca Juga : Suara Burung Pleci Mp3

Cara Merawat Agar Cucak Ijo Biar Cepat Jinak

Hampir semua burung cucak ijo yang ada di pasaran saat ini adalah burung hasil tangkapan hutan, sehingga burung-burung yang kita beli di pasar adalah burung liar yang sangat takut sejaki dengan manusia. Jika  burung ini di dekati ada yang cuma terbang ke pojok sangkar, ada juga yang mencoba keluar dari sangkar dengan menerjang jeruji sangkar dan tidak peduli pangkal paruhnya rusak ataupun berdarah. Kenyataan liarnya burung cucak ijo yang baru di beli dari pasar membuat kita berusaha untuk menjinakkannya, bagaimana caranya? Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk prosesnya :

  • Waktu baru sampai di rumah, burung yang baru kita beli tadi sebaiknya di gantung di teras yang dekat dengan lalu lalang orang, hal ini bertujuan agar burung terbiasa dengan segala aktivitas manusia yang ternyata familiar dengan burung.
  • Setelah 3 hari di rumah burung di mandikan di pagi hari, jangan buru buru di beri makan, biarkan burung mengeringkan badan dengan sangkar tetap di taruh di tanah, setelah bulu mengering barulah di beri jangkrik dengan tangan, jika tidak mau kamu bisa menggunakan alat bantu lidi. Kemudian burung di gantung kembali di teras.
  • Di malam hari burung untuk sementara tidak usah di kerodong, gantung di ruang tengah yang ada aktivitas manusia, agar burung terbiasa bergaul dengan aktivitas manusia.
  • Setiap hari sebaiknya burung di mandikan, di jemur seperti di atas, di beri makan pakai tangan atau lidi. Selain itu burung juga di ajak jalan ke pinggir jalan agar terbiasa dengan kendaraan yang lalu lalang, lihat orang bawa payung dan pedagang keliling.
  • Terapi Lapar, untuk mempercepat penjinakkan, tips lainnya ialah dengan terapi lapar, berikan buah pisang dengan jumlah yang terbatas, misalnya setengah potong saja. Jika sore habis, biarkan saja. Kamu cukup memberi jangkrik 3 ekor dengan tangan atau lidi. Esok harinya baru di beri pisang lagi dengan porsi yang sama.

Itulah beberapa upaya yang patut di coba untuk merawat burung cucak ijo, dengan merawat burung cucak ijo dengan cara yang tepat dan benar maka hal itu bisa memicu burung untuk gacor terus.

“Cara Merawat Burung Cucak Ijo”

(Visited 53 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *