Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor

6 min read

Tips Merawat Burung Kacer Untuk Materan

Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor – Untuk para pecinta kacer yang saat ini butuh panduan cara merawat juga menjadikan burung kesayangan kalian rajin gacor, kalian tepat sekali memilih blog ini sebagai panduannya. Burung kacer yang mempunyai kualitas suara yang merdu serta bisa menang dalam lomba pastinya tidak terlepas dari ketekunan pemiliknya dalam melatih dan merawat. Berikut ini adalah Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor secara lengkap.

Dalam perawatan kacer biar gacor, sesungguhnya tidaklah sulit untuk diterapkan. Mengapa bisa dibilang begitu, sebab setelan burung dari genus Copsychus ini pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan rawatan yang umum diberikan terhadap pengicau jenis lainnya. Tetapi khusus untuk kacer yang merupakan hasil tangkapan hutan, karena masih liar atau giras maka ia perlu dijinakkan terlebih dahulu. Disamping itu, meski hasil tangkapan hutan umumnya masih giras tetapi belum tentu burung ternak atau budidaya kondisinya sudah jinak, untuk cara merawat burung kacer memang terlihat sulit namun sebenarnya tidak seperti itu.

Akan tetapi, kelebihan dari burung ternak atau budidaya yaitu kebanyakan sudah mau makan voer. Sedangkan untuk hasil tangkapan hutan, cara merawat burung kacer umumnya masih lumayan sulit atau bahkan enggan mengkonsumsi voer. Oleh karena itu, supaya pengicau yang dikelompokkan pada keluarga atau suku Muscicapidae ini lekas jinak, baik itu yang berasal dari hutan ataupun hasil budidaya, maka metode penjinakkan adalah upaya yang sangat tepat. Tujuan dari penjinakkan burung adalah agar ia lebih mudah untuk dimaster, ataupun diberi perawatan kacer lainnya.

Tips Merawat Burung Kacer Untuk Materan
Tips Merawat Burung Kacer Untuk Materan

Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor

Melatih burung makan voer – Cara atau langkah ini juga menjadi kelaziman dalam pemeliharaan kacer bakalan hasil tangkapan hutan. Namun, itu tidak perlu di lakukan apabila kamu memperoleh burung dari hasil penangkaran.

Sebagian kicaumania memang lebih senang membeli kacer bakalan, karena harganya lebih murah dari pada burung yang sudah jadi. Apa bila burung dalam kondisi belum ngevoer, harga biasanya lebih miring daripada burung yang sudah terbiasa makan voer. Konsekuensinya, Anda harus melatihnya agar mau makan voer.

Tidak semua kacer enggan makan voer. Namun, untuk burung bakalan yang merupakan hasil dari tangkapan hutan, secara umum pada awalnya pasti tidak mau terhadap voer. Maka dari itu, ia harus dilatih terlebih dahulu supaya mau mengkonsumsi pakan kering tersebut. Semua kandungan yang terdapat dalam voer itu protein-nya bagus untuk perkembangan burung, maka sangat disayangkan kalau ia tidak mau menyantapnya. Disisi lain, sedangkan untuk cara melatih kacer agar mau makan voer, bisa dilakukan dengan mengurangi pemberian EF dan selalu menyediakan voer di dalam wadah makanannya. Namun sebaiknya usahakan jangan sampai terlambat memberikan EF kalau burung masih belum mau mengkonsumsi voer, sebab melatihnya untuk makan voer membutuhkan waktu yang agak lama.

Baca Juga : Download Suara Burung Kacer Juara

Agar Kacer Cepat Gacor Dan Jinak

Langkah awal cara merawat burung kacer yaitu Penjinakan kacer bakalan, khususnya yang berasal dari tangkapan hutan, harus dilakukan kalau  Anda tak ingin repot dalam rawatan hariannya. Adapun untuk anakan atau kacer muda yang Anda peroleh dari penangkar tak memerlukan proses penjinakan, kecuali proses adaptasi lingkungan, dari lingkungan lama (farm atau tempat penangkaran) ke lingkungan di sekitar rumah Anda.

Seekor burung yang belum jinak bukan hanya akan merepotkan dalam perawatan harian, tetapi juga tidak memungkinkan untuk dilombakan. Jadi, penjinakan kacer bakalan tangkapan hutan menjadi sebuah keniscayaan,

Burung kacer yang masih giras / belum jinak, tidak akan bisa sepenuhnya mengeluarkan suaranya secara maksimal dalam lingkungan rumah. Sebab burung akan takut melihat orang, termasuk Anda selaku pemiliknya. Ia juga akan stres saat mendengar suara-suara di sekitar rumah, yang asing dalam pendengarannya, seperti bunyi mesin cuci, suara televisi yang terlalu keras, kucing yang menerornya, dan sebagainya.

Dijinakkan Lebih Dulu

Menjinakkan juga termasuk perawatan kacer paling awal. Pemandian tidak dilaksanakan seperti biasanya. Jika pada umumnya pemandian dilakukan tidak secara basah kuyup, namun kali ini memandikan dilakukan hingga basah kuyup. Pada proses memandikannya pun bisa dilakukan dengan disemprot menggunakan sprayer ataupun lewat keramba mandi. Kemudian pada saat kondisi basah kuyup burung akan mudah lapar. Diwaktu atau disaat itulah pemilik bisa melakukan pendekatan dengan memberikan voer atau EF agar burung semakin terbiasa dengan keberadaan pemilik.

Dan semakin sering metode sedemikian diterapkan, maka makin bergantung pula ia pada pemiliknya. Tanpa disadari lama-kelamaan kacer akan menjadi lebih jinak. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa EF atau voer sebaiknya segera  diberikan sebelum burung merasa terlalu kelaparan. Disamping itu, selain dengan memberikan pakan dikala burung sedang dalam kondisi lapar, menjinakkan juga bisa dengan siklus penggantangan. Tindakan yang pertama adalah dengan menggantang burung pada ketinggian di tempat yang ramai atau padat aktivitas manusia.

Setelah itu, tepat pada minggu kedua, ketinggian gantangan sedikit diturunkan. Lepas dari dua minggu kemudian, atau lebih tepatnya memasuki minggu ke tiga, burung digantang dengan ketinggian yang normal seperti pada umumnya. Proses penggantangan dapat ditempatkan di teras rumah, halaman depan pertokoan, bawah pohon rindang, atau wilayah-wilayah ramai lainnya. Tujuan dari penggantangan ini sendiri yaitu supaya burung bisa terbiasa dengan kehadiran manusia, khususnya selain pemilik daripada burung itu sendiri.

Kemudian untuk menjinakkan kacer yang terakhir adalah dengan pengaturan pemberian pakan EF. Dan tindakan yang pertama yaitu dengan mengosongkan wadah pakan di saat burung dikerodong pada malam hari. Yaitu tepat di pagi harinya, otomatis burung akan merasa lapar. Disaat ia kelaparan, inilah waktu yang tepat untuk menyuapi EF seperti jankgkrik, yang mana dilakukan dengan memanfaatkan sebatang lidi. Kemudian, lakukan kebiasaan tersebut secara rutin, dan terus kurangi atau potong lidi hingga ukurannya menjadi lebih pendek.

Jika lidi semakin pendek atau sekiranya sudah tidak mungkin untuk dipotong lagi, maka jangkrik bisa diberikan dengan tangan kosong. Akan tetapi, biasanya burung tidak langsung mau disuapi dengan tangan. Kalau sampai seperti itu, upaya yang bisa dilakukan adalah mengulang kembali penyuapan melalui lidi. Melalukan penyuapan atau menyuapi burung dengan lidi terus dilakukan hingga burung benar-benar mau disuapi dengan tangan kosong. Lalu, disaat burung sudah mau diberi EF berupa jangkrik menggunakan tangan, maka lambat laun ia akan terbiasa dan jinak pada pemiliknya. Setelah jinak, perawatan kacer selanjutnya ialah tahap makanan.

Setelan Pakan Harian

Dalam perawatan kacer biar gacor pada tahapan kali ini sebenarnya harus diperhatikan betul-betul. Sebuah rawatan yang umum diterapkan oleh kebanyakan kicau mania, yaitu dengan rutin memberikan pakan EF. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah pemberian EF yang harus divariasi supaya berbagai macam kebutuhan nutrisi burung bisa terpenuhi dengan sempurna. Disamping itu, adapun beberapa EF yang dapat diberikan antara lain jangkrik, belalang, orong-orong, kroto, cacing tanah, ulat hongkong, dsb.

Jenis-jenis EF tersebut, sangat baik jika di berikan secara selang-seling atau divariasi. Akan tetapi,  takaran atau porsinya pun juga harus di sesuaikan dengan karakter burung, dan sebaiknya tidak di berikan secara berlebihan. Semisal apabila kroto di berikan dengan porsi yang tinggi dan burung belum terbiasa, maka dampak kurang bagusnya yaitu bisa memicu over birahi. Pada umumnya kroto di berikan sebanyak satu sendok teh dalam seminggu. Namun jangkrik, kebanyakan para kicau mania memberikannya 5 ekor dalam sehari.

Misalnya saja untuk EF yang berupa kroto sudah terlanjur di berikan secara berlebihan, sehingga burung jadi over birahi maka tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi atau menghentikan pemberiannya sementara waktu. Sedangkan untuk penanganan atau penurunan over birahi, pemilik bisa memberikan ulat bumbung / ulat bambu rutin setiap harinya. Memberikan ulat bambu oleh para penghobi burung kicauan, banyak dipercaya bahwa mampu menurunkan tingkat birahi terhadap kacer yang over birahi.

Setelah semua perawatan kacer rajin gacor sebagaimana yang telah di sampaikan seperti di atas sudah diterapkan dengan rutin, teratur dan konsisten, maka setelan harian bisa segera dilaksanakan dengan semestinya. Rawatan harian yang umum diberikan oleh para pencetak kacer jawara, sebenarnya tidaklah jauh beda dengan setelan yang banyak di terapkan oleh kicau mania pada umumnya.

Disamping itu, masih ada perawatan kacer tambahan yang banyak terbukti mampu memoles suaranya agar lebih menjanjikan. Setelan tambahan tersebut adalah pemasteran. Memaster bisa di lakukan di pagi hari seusai burung mandi, di jemur, dan di bersihkan kandangnya. Atau pada sore hari setelah ia di masukkan ke dalam rumah. Kalau pagi dan sore tidak sempat memberikan pemasteran, maka bisa di laksanakan malam hari sesudah burung dalam kondisi dikerodong. Alat atau bahan yang dapat di pakai untuk memaster, bisa dengan menggunakan suara kacer MP3 maupun gacoran burung jenis lain.

Agar Kacer Gacor Siang Malam

Supaya kacer gacor siang dan malam, ada banyak hal yang harus di ketahui para kacer mania. Mulai dari pakan, EF untuk kacer, kebersihan kandang, air minum kacer, pemandian dan penjemuran kacer, mastering kacer, pemberian vitamin dlsb.

Jenis Kelamin Kacer

Burung kacer yang suka nggacor adalah berjenis jantan, jadi buat kalian yang ingin memelihara burung kacer untuk ikut serta dalam perlombaan maka beli dan pelihara saja yang berjenis kelamin jantan.

Pakan Kacer

Selain itu, kualitas pakan juga sangat mempengaruhi suara gacoran burung kacer tersebut, semakin bagus kualitasnya maka semakin cepat pula burung ini ceat gacor. Kamu juga bisa memberikan makanan extra seperti kroto, ulat Hongkong, jangkrik, belalang, ulat bambu, ulat kandang, kelabang dan sejenisnya.

Baca Juga : Makanan Burung Kicauan

EF untuk Kacer

Dengan pemberian pakan tambahan juga cukup penting dalam menunjang performa kacer, selain sebagai variasi tambahan yang membuat kacer agar tidak bosan juga kebutuhan gizinya akan semakin lengkap dan terpenuhi. Adapun pakan Extra Fooding yang diberikan bisa berupa: ulat hongkong, kroto, jangkrik, belalang, ulat bambu, ulat kandang, kelabang, dan lain sebagainya.

Kandang

Selain itu, kebersihan kandang juga perlu di perhatikan karena semakin bersih maka semakin sehat pula burung kacer tersebut, berbeda halnya apabila kandang terlihat kotor maka burung kacer tersebut malas untuk bergerak dan berkicau.

Air Minum Kacer

Kacer di berikan air minum yang bersih, sebaiknya air di masak terlebih dahulu baru di berikan pada kacer. Di karenakan air yang bersih tentu akan membuat tenggorokannya lebih ringan, dan terhindar dari bakteri yang mengganggu tenggorokan, sehingga suaranya akan lebih plong dan tidak serak.

Pemandian dan Penjemuran Kacer

Untuk pemandian yang baik adalah sebelum dimandikan, maka angin-anginkan terlebih dahulu sekitar 15 hingga 30 menit. Bila sudah di mandikan, maka penjemuran bisa dimulai jam 8 sampai jam 10.

Mastering Kacer

Pemasteran yang baik bisa anda lakukan pada sore hari, bisa juga malam hari sampai pagi, hal ini sesuaikan sendiri dengan kebiasaannya dan kondisinya. Apabila kondisi malam hari teramat dingin suhunya, maka sebaiknya biarkan kacer istirahat, dan ganti dengan sore hari

Lingkungan yang Tepat

Kamu harus meletakkan kacer di lingkungan nyaman memang seharusnya, jangan sampai membiarkan kacer berada di lingkungan yang rama dan terdapat banyak pengganggu, baik pengganggu dari jenis kendaraan, manusia, ataupun juga binatang seperti kucing, cicak, semut, dan lain-lain.

Vitamin

Adapun vitamin tambahan seminggu sekali juga cukup membantu membuat kacer tampil prima, dan agar kesehatannya tetap terjaga.

Latih Mental Kacer

Kemudian sesekali bawa kacer ke lingkungan yang ramai, yang paling bagus adalah di daerah liar, seperti hutan, kebun, sawah agar kacer bisa menikmati suasana alam seperti burung liar umumnya.

Dekat dengan Kacer

  • Biasakan anda selalu dekat dengan kacer, hal ini berguna untuk membuatnya lebih lulut atau jinak dengan anda.
  • Kerodongi saat Malam Hari
  • Ketika malam hari tiba, sudah saatnya sangkar kacer untuk di kerondongi, dan jangan biarkan kacer kedinginan.

Pancing dengan Burung Kacer Lain

Karena dengan mendengarkan suara kacer lain, maka membuatnya terpicu untuk berkicau, tetapi jangan sampai mendekatkannya, sebaiknya beri jarak beberapa meter, disini juga sobat bisa mendownlod suara burung khususnya kacer untuk masteran dan juga isian, silahkan ketik pencarian di atas dengan kata kunci suara burung kacer, nanti akan terlihat postingannya.

Cara Perawatan Burung Lainnya

Demikianlah tadi ulasan mengenai Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor untuk kalian semua hari ini.  Sahabat Burung Kicauan semoga dapat membantu dan juga membantu kamu semua dalam merawat dan juga melatih kacer supaya cepat gacor ya, thank you.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *