Cara Merawat Burung Kicau Pleci Masteran

4 min read

Perawatan Burung Pleci Masteran

Burung Pleci atau yang memiliki nama latin Zosterops Palpebrosus merupakan salah satu jenis burung kecil yang berasal dari suku Zosteropidae bangsa burung petengger (Passeriformes). Dan burung pleci ini juga termasuk dalam jenis burung yang menetap di kawasan hutan-hutan terbuka Asia tropis, seperti India Timur, China, Hingga Indonesia.

Burung Pleci mempunyai ciri khas yaitu pada bagian lingkaran mata atau kacamata dengan warna putih yang melingkar pada sekeliling matanya. Dan burung pleci biasanya juga disebut sebagai Oriental White-eye dalam Bahasa Inggris. Suku burung kacamata pun sudah mencangkup sejumlah burung pengicau kecil yang cenderung tersebar di daratan tropika/ dunia lama.

Genus atau marga dari burung pleci adalah Zosterops. Burung-burung yang termasuk kedalam suku ini mempunyai ciri khas lingkaran berwarna putih (kadang abu-abu) yang berada di sekitaran mata. Maka dari itu, dari sinilah sebutan nama White-eye terbentuk. Unggas ini juga punya suara gacor merdu yang kerap disebut dengan sebutan ngalas. Dengan suara kicau itu menghasilkan lah sebuah popularitas pleci yang semakin meluap pada kalangan penghobinya.

Dari bermacam kompetisi gantangan yang sedang marak untuk saat ini, kelas yang tertulis paling banyak pesertanya juga di peroleh oleh burung pleci. Banyak dari anggota marga ini yang bersifat endemik di beberapa pulau atau kepulauan. Seperti contoh beberapa jenis spesies yang baru ditemukan pada tahun 2008 ini. Spesies tersebut ditemukan di Kepulauan Toggian, Sulawesi Tengah.

Cara Merawat Burung Pleci
Cara Merawat Burung Pleci

Cara Merawat Burung Kicau Pleci Agar Cepat Gacor

Berikut ini adalah cara merawat pleci agar cepat gacor adalah sebagai berikut :

  • Kamu harus rutin membersihkan sarangnya setelah pleci selesai di mandikan dan di jemur.
  • Kamu harus menyandingkan suara masteran dengan burung-burung kenari, mozambik, gereja dan lain sebagainya.
  • Rajin memberi burung pleci nutrisi yang tepat dari buah-buahan ataupun sejenis serangga, dan voer.
  • Buat sarang pleci yang sedang, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.
  • Sering membawa pleci ke tempat yang ramai agar dia mudah beradaptasi.
  • Rajin memandikan dan menjemur pleci setiap hari agar kondisi kesehatannya terjaga.
  • Hindari untuk menyandingkan pleci dengan sesamanya, yang justru dapat membuat pleci tidak ingin berkicau.

Cara Merawat Pleci Agar Cepat Ngalas

Dari sekian banyak burung kicau yang mempunyai ukuran mungil, burung Pleci merupakan salah satu burung yang luamayan di gemari oleh para kicau mania. Burung yang mempunyai ukuran semungil burung ciblek ini mempunyai kemampuan suara yang tak perlu di ragukan lagi.

Gacoran yang di hasilkan Pleci bisa sangat lantang, bervariasi, dan yang pastinya tetap merdu. Selain daya tarik dari variasi suara yang disebut ngalas, burung ini di gemari juga karena memiliki perawatan dan makanan burung Pleci yang terbilang tak sulit.

Nah berikut ini ada cara merawat burung pleci agar cepat ngalas!

  • Perawatan harian burung pleci agar gacor ini di mulai dari pagi hari sekitar jam 7 pagi, harus di gantang atau di angin-anginkan selama 30 menit kurang lebih.
  • Setelah itu mandikan burung pleci dengan cara di semprot dengan sprayer, jangan di mandikan menggunakan sangkar khusus untuk mandi.
  • Berikutnya jemur selama kurang lebih 2 sampai 3 jam sembari di berikan makanan ekstra yaitu jangkrik misalnya 3-4 ekor.
  • Tempatkan burung pleci pada tempat yang teduh untuk di angin-anginkan kembali selama 1 ½ jam kurang lebih .
  • Masukkan burung dan perdengarkan burung pleci dengan suara masteran yang kamu miliki.
  • Pada saat sudah sore hari, kembali angin-anginkan burung tersebut sekitar jam 16.00 selama setengah jam kurang lebih .
  • Mandikan kembali burung dengan cara yang sama saat memandikan pleci di pagi hari.
  • Kembali gantang atau di angin-anginkan kemudian di jemur selama kurang lebih 1 jam sambil di berikan makanan berupa kroto atau ulat kandang.

Lakukan cara merawat pleci agar gacor tersebut secara rutin, maka burung pleci yang kamu miliki akan cepat segera ngalas.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Perkutut

Cara Merawat Burung Kicau Pleci Dakun Macok Agar Cepat Buka Paruh

Merawat pleci dakun macok sebenarnya tak begitu sulit ya gays. Hanya saja, di butuhkan ketelatenan dan keuletan agar mendapatkan burung pleci yang sesuai harapan. Pleci dakun macok itu sendiri adalah jenis burung pleci yang mempunyai dada kuning (dakun) dan mata coklat (macok).

Perawatan pleci dakun macok yang tepat dan benar bisa membuat burung ini menjadi lebih rajin gacor (berkicau). Tak hanya itu, burung pleci dakun macok yang mendapatkan perawatan yang baik juga bisa membuatnya cepat buka paruh. Para penghobi burung pasti sangat menginginkan mempunyai burung dengan kemampuan tersebut.

Bagi kamu yang sangat menyukai burung pleci, baik itu untuk di pelihara di rumah, masteran, ataupun di lombakan, pastikan kamu memberikan perawatan yang tepat. Adapun cara merawat pleci dakun macok supaya cepat buka paruh dan gacor adalah sebagai berikut.

  • Perawatan pertama yang perlu kamu lakukan adalah menjemur pleci dakun macok di pagi dan sore hari secara rutin. Akan lebih baik lagi jika pleci di mandikan terlebih dahulu sebelum di jemur.
  • Perawatan selanjutnya adalah membentuk fisik. Kamu bisa membuat pleci bergerak aktif dengan cara menambahkan tenggeran pada jarak yang agak berjauhan. Pleci yang sudah terbiasa bergerak aktif bisa lebih cepat membuka paruhnya.
  • Lanjutkan dengan pemberian pakan. Kamu bisa memberikan berbagai macam buah seperti apel, pepaya, jeruk, dan pisang kepok sebagai makanan pokok. Tak hanya itu, kamu juga bisa memberi kroto dan ulat hongkong sebagai ekstra fooding.
  • Lakukan juga pengembunan pleci dengan cara menggantungnya di pagi hari sebelum matahari terbit. Letakkan sangkar burung di pohon yang rindang. Setelah itu, lakukan pemasteran. Kamu juga bisa memancing pleci bakalan dengan menggunakan suara gacoran burung pleci betina.

Baca Juga : Download Suara Burung Pleci Terbaru

Cara Perawatan Burung Pleci Untuk Lomba

Cara merawat pleci untuk lomba memang sangat penting dan terlebih lagi lomba yang di laksanakan dalam waktu dekat. Meskipun dalam kesehariannya burung pleci ini sudah gacor tetapi bukan berarti dia dapat mengatasinya saat berada dalam gentangan ya gays. Maka kamu harus melatih mental burung pleci kesayangan kamu seolah-olah burung pleci sedang di lombakan di dalam rumah.

Nah, untuk kamu yang sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap bagaimana cara setingan burung pleci untuk lomba yang benar, maka kita bisa langsung saja melihat beberapa tips perawatan burung pelci yang akan coba kami sajikan kepada kamu hari ini. Dengan kamu mengetahui bagaimana cara setingan burung pleci untuk lomba ini, maka tidak menutup kemungkinan burung pleci yang kamu miliki akan menjadi juara dalam perlombaan burung berkicau.

Setingan Burung Pleci Harian Untuk Lomba

  • Dua hari sebelum perlombaan, mandikan burung pleci pada malam hari, menggunakan spayer hingga burung tersebut basah kuyup. Dan usahakan memandikan antara jam 7 malam sampai dengan jam 9 malam.
  • Setelah selesai mandi malam, angin-anginkan burung pada tempat yg terang sembari di beri pakan kroto dan ulat hongkong. Dan di sarankan untuk tidak memberikan ulat kandang pada burung.
  • Berikutnya kerodong sangkar burung pleci selama semalam penuh, sampai pagi harinya kamu bisa membuka kerodong sangkar tersebut.
  • Mandikan burung pleci setiap pagi, usahakan memandikan burung pleci sekitar pukul setengah tujuh pagi agar nantinya kita bisa mendapatkan waktu penjemuran yang bagus. Mandikan burung pleci dengan cara di semprot menggunakan sprayer hingga bulunya benar-benar basah.
  • Setelah selesai di mandikan, beri pakan ekstra food atau EF berupa kroto sebanyak dua sendok teh dan juga ulat hongkong yg warnanya putih.
  • Kemudian jemur burung kurang lebih selama 2 jam dari pukul tujuh pagi sampai sembilan.
  • Dan setelah selesai di jemur, kemudian angin-anginkan burung pleci sebentar saja kurang lebih selama 15 menitan. Jika selama di angin-anginkan burung pleci tersebut sudah terlihat gacor di sertai dengan ngeroll dan ngalas, maka burung pleci tersebut sudah siap utk di perlombakan.

Perawatan Burung Pleci Untuk Lomba

  • Pada malam H-1 sebelum perlombaan, lakukan kembali cara pertama yang sudah saya jelaskan tadi, yaitu memandikan burung kemudian memberi pakan EF berupa keroto sebanyak dua sendok teh dan juga ulat hongkong putih sebanyak 3 ekor.
  • Setelah itu kerodong sangkar burung hingga pagi hari, dan di pagi harinya kembali mandikan burung seperti langkah yg telah dijelaskan.
  • Bagi kamu yang ingin mengecas burung pleci milik kamu dengan burung lainya, maka hal tersebut bisa kamu lakukan kurang lebih selama 10 hingga 15 menitan saja.
  • Dan beberapa menit sebelum perlombaan, bersihkan semua kotoran yg terdapat pada sangkar dan lepaskan semua persediaan makanan dan minuam yg terdapat pada sangkar.

Nah, itulah tips dan Cara Merawat Burung Kicau Pleci masteran! Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu para pembaca yang hobi mengoleksi burung, terutama  pada burung pleci.

Cara Perawatan Burung Lainnya

(Visited 26 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *