Cara Ternak Pleci Untuk Pemula Di Sangkar Gantung

4 min read

Cara Ternak Burung Pleci
Cara Ternak Burung Pleci

5 Cara Ternak Pleci Untuk Pemula Di Sangkar Gantung – Banyak yang beranggapan bahwa saat ini sangat mudah untuk melakukan penangkaran semua jenis burung kicau, khususnya burung pleci, tidak heran jika sekarang banyak sekali yang mempunyai usaha budidaya semua jenis burung kicau, seperti misalnya burung murai batu, Lovebird, Jalak, Kenari, Cucak dan masih banyak lagi yang lainnya, Sedangkan untuk burung kecil ini yaitu pleci memang bisa untuk dibudidayakan, namun perlu sekali untuk mengetahui ilmunya dan harus mempunyai kesabaran dalam merawatnya.

Dan saat ini sudah banyak sekali yang sukses dalam melakukan ternak burung pleci, ini di dasari dengan kerja keras dan juga bakat yang dimiliki si pengelola, keberhasilan dalam menjodohkan burung pleci tidak semudah yang dibayangkan, jika dilakukan dengan asal-asalam maka kemungkinan berhasil sangat kecil sekali.

Cara Ternak Pleci Untuk Pemula

Untuk melakukan ternak burung pleci banyak sekali yang harus anda persiapkan dan juga persyaratannya, seperti contoh memilih jenis burung pleci, berapa ukuran kandang yang pas, apa saja makanan yang disukai, perawatan yang bagaimana yang pas dan masih banyak lagi apa saja yang harus anda ketahui.

Sebelum sobat ingin melakukan ternakk burung pleci, maka sebaiknya sobat mengetahui segala hal dan juga ilmunya dan sobat harus benar-benar memahami bagaimana cara memilih burung pleci anakan yang baik dan benar, selain memilih anakan pleci, mempersiapkan pakan juga harus di pahami, minuman harus di perhatikan dan beberapa hal penting lainnya, nah disini saya akan membahas satu persatu secara lengkap.

Artikel Lainnya : Download Suara Burung Pleci

Persiapan Kandang Yang Baik

Seperti yang kita ketahui burung pleci merupakan jenis burung kecil dan tidak memerlukan tempat atau kandang yang besar, maka jika kalian ingin memelihara hanya beberapa pasang saja maka gunakan kandang jenis aviary saja sudah cukup, kandang aviary ini menurut saya dapat menghemat tempat, perawatannya juga tidak susah dan pastinya biaya tidak terlalu mahal.

Namun apabila sobat mempunyai tempat yang luas dan cukup untuk membuat kandang dengan jenis solitair dengan kapasitas burung yang lumayan banyak, maka bisa menggunakan jenis kandang ini, konsepnya juga dapat dibuat sealami mungkin karena ukurannya cukup lebar.

Perlu diketahui juga untuk melakukan metode kandang solitair kurang cocok dengan usaha ternak burung pleci ini, karena kandang solitair biasanya hanya digunakan untuk penangkaran saja.

Dalam kandang sobat harus menyiapkan tempat minum dan juga tempat makan, dan juga tempat untuk bertelur, seperti judul gunakan sangkar gantung di dalam kandang tersebut, sobat bisa membuatnya dengan banyak bahan, silahkan berkreasi sesuai dengan kemampuan dan imajenasinya.

Selain membuat sarang sendiri anda juga dapat membelinya di toko burung, ukuran kandang usahakan jangan terlalu besar, tempatkan sarang tersebut agak kebelakang, supaya pada saat perawatan kandang seperti penggantian pakan dan minuman, burung pleci tidak terganggu.

Mempersiapkan Dan Memilih Indukan Pleci

Setelah melakukan persiapan kandang dan sudah selesai langkah selanjutnya yaitu pemilihan indukan yang berkualitas, harapan kita dengan memilih induk bagus maka anaknya nanti juga akan mempunyai kualitas juga, jadi bisa di andalkan untuk calon juara di perlombaan nanti kalau sudah dewasa.

Berkualitas disini maksudnya yaitu tidak terkena virus, bebas dari bakteri, dari bahan kimia dan juga terbebas dari doping, minimal indukan berumur 1 tahun. Pilihlah indukan yang jinak, fisik sehat, suara gacor dan merdu, dari segi fisik anda bisa melihat kesehatannya dari bulunya yang terlihat sangat cerah.

Untuk pejantan pleci juga harus berumur minimal 1 tahun, selain sudah dewasa pilih burung pleci jantan yang birahi, jinak, gacor dan juga mempunyai paruh yang lurus, pada bagian kepala biasanya lebih besar, mata juga besar, leher berisi, kaki yang kuat dalam mencengkram, dan atu lagi bagian dada bidang.

Untuk hasil yang mempunyai kualitas terbaik sebaiknya sobat memilih pejantan dan betina pleci dari spesies yang sama, agar nantinya akan lebih mudah dalam penangkarannya.

Melakukan Penjodohan Burung Pleci

Dalam melakukan penjodohan burung pleci terbilang mudah dan cepat, namun sebelum penjodohan pastikan kembali bahwa indukan pleci yang anda pilih memang benar benar mempunyai kualitas terbaik, untuk mendapatkan indukan yang baik, anda harus mengikuti langkah apa saja yang harus dilakukan seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Langkah awal yang harus anda lakukan dalam penjodohan ini yaitu dengan mendekatkan pejantan dan betina selama satu minggu sampai dua minggu, dalam proses pendekatan ini anda bisa memberikan pakan yang mempunyai nyawa seperti jangkrik, walang dan sejenisnya.

Pada saat hari yang kelima lakukan pemisahan kedua sangkar agar jantan dan betina dapat melihat satu sama lainnya, namun pemisahannya jangan terlalu jauh, biarkan kedua pleci ini agar saling menyaut, jika dirasa sautannya sudah cukup lantang dan seperti ingin mendekati, maka bisa dipastikan penjodohan burung pleci ini sudah berhasil sukses.

Merawat Pleci Saat Pengeraman Telur

Setelah kedua burung pleci ini melakukan kawin, maka indukan pleci akan menunjukkan tanda jika ingin bertelur, pada saat inilah harus sangat diperhatikan makanan serta minumannya, waktu yang dibutuhkan bisanya sekitar 2 minggu, telur yang dihasilkan bisa mencapai 4 butir telur.

Setelah bertelur lihat kembali apakah indukan mau mengerami atau tidak, jika tidak, maka langsung ambil tindakan yaitu ambil telur tersebut dan gunakan metode inkubator.

Jika pada saat betina mengerami telurnya dan dirasa jantan menganggu, maka sobat bisa memisahkan si jantan dengan si betina pada sangkar yang berbeda, namun jika dilihat tidak mengganggu maka biarkan saja si jantan tetap menemani betinanya mengerami telur.

Ada kemungkinan telur tidak menetas, pecah dan juga anak mati, maka indukan akan bertelur kembali setelah periode yang pertama yaitu setelah hari ke 7.

Tips Perawatan Pleci Yang Baru Menetas

Perawatan Burung Pleci anakan
Perawatan Burung Pleci anakan

Pada saat pengeraman berhasil dengan menetaskan telur, maka persiapkan pakan khusus dengan kandungan gizi yang baik, penuh dengan protein dan juga nutrisi yang komplit, perhatikan dengan baik bahwa dalam memberikan pakan ini sangat menentukan keberhasilan dalam menernak burung pleci, karena pada saat setelah penetasan maka indukan pleci akan membuang anaknya, alasannya karena pakan untuk anaknya sudah tidak tersedia, maka indukan pleci akan membuang anaknya tersebut.

Perhatikan anakan pleci yang masih kecil, waktu 5 hari pertama setelah penetasannya, merupakan waktu yang sangat kritis untuk sang bayi pleci, setelah masa 5 hari berlalu maka sobat bisa memberikan pakan hewani, yaitu jangkrik dengan potongan kecil-kecil dan juga makanan hewani lainnya yang sudah disiapkan.

Gunakan tips ini jika ingin anakan pleci jinak, lakukan pemisahan antara anakan dan indukan pada hari yang ke 11, hal ini akan memberikan dampak yang bagus dalam pembentukan mental, namun anda juga harus lebih ekstra dalam memeliharanya sampai dewasa agar mempunyai mental yang kuat.

Baiklan sampai disini dulu perjumpaan kita pada kesempatan yang bahagia ini, dengan pembahasan cara ternak burung pleci dalam sangkar gantung untuk pemula, apa saja yang saya sampaikan memang terlihat mudah dan gampang, namun berbeda lagi pada saat praktek biasanya akan berbeda dengan teori, perluas ilmu anda dengan banyak pengalaman agar apa yang anda inginkan dapat sesuai dengan harapan.

Maka dari itu tetaplah untuk bersabar dalam melakukan ternak burung pleci dan teruslah belajar dengan banyak orang dan juga pengalaman serta kesalahan-kesalahan yang dilakukan sebelumnya, terimakasih sampai jumpa dan semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk anda, tetap semangat dan semoga sukses.

Cara Ternak Pleci Untuk Pemula Di Sangkar Gantung

(Visited 70 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *