Habitat Burung Cendrawasih, Ciri-Ciri Serta Jenis-Jenisnya

2 min read

Ciri-Ciri Serta Jenis-Jenis Burung Cendrawasih

Habitat Burung Cendrawasih, Ciri-Ciri Serta Jenis-Jenisnya – Burung cendrawasih merupakan anggota dari famili paradisaeidae dari ordo passeriformes. Burung Cendrawasih layak di gelari sebagai Burung Surga (Bird of Paradise). Burung Cendrawasih merupakan burung khas Papua, terutama yang jantan, mempunyai bulu-bulu yang indah layaknya bidadari yang turun dari surga (kayangan). Keindahan bulu Cendrawasih tiada duanya.

Burung Cendrawasih adalah sekumpulan spesies burung yang di kelompokkan dalam famili Paradisaeidae. Burung yang hanya terdapat di Indonesia bagian timur, Papua Nugini, dan Australia timur ini terdiri atas 13 genus dan sekitar 43 spesies. 30-an spesies di antaranya dapat di temukan di Indonesia.

Seperti yang kita tahu bahwa Burung cendrawasih oleh masyarakat Papua di percaya sebagai titisan bidadari dari surga, suara burung cendrawasih juga sangat khas dan bagus, Dulunya burung ini di anggap sebagai burung cantik namun tidak berkaki. Mereka tidak akan turun ke tanah tetapi hanya berada di udara saja karena bulu-bulunya yang indah. Oleh karena itu kemudian burung Cenderawasih terkenal sebagai Bird of Paradise atau Burung Surga (Kayangan). Dan beberapa jenis yang terkenal adalah berasal dari genus Paradisaea yang penamaannya berasal dari kata Paradise.

Ciri-Ciri Serta Jenis-Jenis Burung Cendrawasih
Ciri-Ciri Serta Jenis-Jenis Burung Cendrawasih

Habitat Burung Cendrawasih

Habitat asli dari burung cendrawasih adalah di hutan-hutan lebat yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya bisa di temukan di Indonesia pada bagian timur terutama pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur.

Kabarnya, Negara Indonesia adalah negara dengan jumlah spesies cendrawasih yang terbanyak di seluruh dunia. Di duga terdapat sekitar 30 jenis cendrawasih di Indonesia, 28 jenis di antaranya bisa di temukan di Papua. Burung cenderawasih mati kawat (Seleucidis melanoleuca) adalah jenis burung cendrawasih  yang menjadi maskot atau identitas Provinsi Papua. Selain menjadi maskot Papua, masyarakat di Papua juga sering menggunakan bulu cenderawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.

Karena keindahan bulunya, keberadaan burung cenderawasih ini sekian lama kian terancam. Perburuan serta penangkapan liar yang bertujuan untuk  perdagangan serta kerusakan habitat hidup di alam bebas menjadi beberapa penyebab utama kian langkanya burung ini. Bahkan di akhir abad 19 dan awal abad 20, bulu cenderawasih marak di perdagangkan karena menjadi trend penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini burung cendrawasih yang eksotis ini di kategorikan sebagai jenis satwa yang di lindungi oleh negara.

Diskripsi dan Ciri-Ciri Burung Cendrawasih

Burung-burung Cendrawasih mempunyai ciri khas pada bulunya yang sangat indah yang di miliki oleh burung jantan. Umumnya bulunya berwarna cerah dengan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, kemerahan, orange, kuning, putih, biru, hijau dan ungu.

Ukuran burung Cenderawasih sangat beraneka ragam. Ada yang berukuran 15cm dengan berat 50gram, seperti pada jenis Cendrawasih Raja (Cicinnurus regius), sampai yang berukuran sebesar 110 cm Cendrawasih Paruh Sabit Hitam (Epimachus albertisi), atau yang beratnya mencapai 430 gram seperti pada Cendrawasih Manukod Jambul-bergulung (Manucodia comrii).

Keindahan bulu Cendrawasih jantan digunakan untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Untuk merayu betina agar bersedia di ajak kawin, burung jantan akan memamerkan bulunya dengan melakukan tarian-tarian indah. Sambil bernyanyi-nyanyi di atas dahan, pejantan bergoyang dengan berbagai gerakannya ke berbagai arah. Bahkan terkadang sampai bergantung terbalik bertumpu pada dahan. tetapi, setiap spesies Cendrawasih tentunya punya tipe tarian tersendiri.

Burung Cendrawasih memiliki habitat hutan lebat yang umumnya di daerah dataran rendah. Burung dari surga ini bisa di jumpai di beberapa pulau di Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Papua. Selain itu juga bisa di temukan di Papua Nugini dan Australian Timur.

Baca Juga : Kumpulan Jenis Burung Kicau Dan Namanya

Jenis-jenis Burung Cendrawasih

Cendrawasih terdiri dari 13 genus yang memiliki sekitar 43 spesies (jenis). Indonesia merupakan negara dengan jumlah spesies Cendrawasih yang terbanyak. Beberapa jenis Cendrawasih yang terdapat di Indonesia diantaranya adalah :

  • Genus Manucodia antara lain Manucodia mengkilap, Manucodia Jodi, Manucodia leher berkerut, Manucodia Jambul bergulung,dan manucodia terompet.
  • Genus Paradigalla, meliputi Paradigala ekor panjang dan paradigala ekor pendek.
  • Genus Astrapia antara lain Astrapia Arfak, Astrapia Elok, Astrapia ekor pita, Astrapia Stephanie dan Astrapa Huon.
  • Genus Parotia antara lain Parotia Sefilata, Carolae, berlepschi, lawessi, helenae, wahnesi
  • Genus Pteridophora yaitu Cendrawasih Panji
  • Genus Lophorina yaitu Cendrawasih kerah
  • Genus Ptiloris antara lain Ptiloris Magnificus, Intercedens, Paradiseus, Victorirae
  • Genus Epimachus antara lain Paruh sabit Kuri kuri, paruh sabit coklat, paruh sabit paruh hitam dan paruh sabit paruh pucat.
  • Genus Cicinnurus antara lain Cendrawasih belah rotan, Cendrawasih botak dan cendrawasih raja
  • Genus Semioptera yaitu Bidadari Halmahera
  • Genus Seleucidis yaitu Cendrawasih Mati kawat
  • Genus Paradisaea antara lain Paradisaea Minor, apoda, raggiana, decora, rubra, Gullielmi, dan Paradisaea Ruldolfi
  • Genus Malampita besar Cendrawasih Loria, Cendrawasih jambul, Cendrawasih dada kuning, penghisap madu elok malampitta kecil

Itulah tadi penjelasan mengenai habitat burung cendrawasih ciri-cirinya serta jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

(Visited 38 times, 2 visits today)

One Reply to “Habitat Burung Cendrawasih, Ciri-Ciri Serta Jenis-Jenisnya”

  1. Hi. saya sangat suka dengan koleksi suara burung yang anda bagikan, saya akan selalu mengikuti webiste ini dan tolong tambah lebih banyak lagi konten yang seperti ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *